ANALISIS KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP KINERJA APARAT DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK DI KANTOR DESA GIRIREJO KECAMATAN NGABLAK KABUPATEN MAGELANG
DOI:
https://doi.org/10.56196/jta.v13i01.219Keywords:
kepuasan, pelayanan, aparat desaAbstract
Penelitian ini berisi analisis mengenai kepuasan masyarakat yang berada di Desa Girirejo terhadap pelayanan yang diberikan oleh aparat desa di Kantor desa Girirejo. Desa Girirejo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Ngablak, Kabupaten Magelang yang terdiri atas 6044 jiwa dan tersebar dalam 10 dusun. Penelitian ini disusun dengan menggambarkan fenomena pelayanan publik di Desa Girirejo dengan pendekatan kuantitatif, yakni penelitian yang menganalisis keadaan yang ada pada saat ini berdasarkan pada fakta-fakta di lapangan. Sehingga metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif. Letaknya yang berada di kaki Gunung Andong menjadi suatu alasan diambilnya topik penelitian ini tentang bagaimana aparat desa dalam memberikan pelayanan disamping masyarakat mengembangkan potensi desa di sektor pariwisata. Adapun jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 99 responden yang diambil dari hasil keseluruhan populasi dengan menggunakan rumus slovin. Dari sejumlah responden tersebut diperoleh hasil rata-rata bahwa masyarakat di Desa Girirejo memberikan respon positif atas pelayanan yang diberikan oleh aparat desa.
References
Andari, E. (2015). Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien Berobat di Puskesmas Pembantu Desa Pasir Utama.
Anisa, S. (2018). Pengaruh Pelayanan Publik terhadap Kepuasan Masyarakat di Kantor Desa Helvetia.
E. Sandra, M. (2020). Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Publik di Kantor Kelurahan Kijang Kota : Suatu catatan Survey.
Fajar Romadhon, L. L. (2022). Analisis kepuasan masyarakat terhadap penggunaan aplikasi DANA menggunakan metode SWOT.
Hayani. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Masyarakat pada Kantor Kelurahan Mangasa Kota Makassar.
Juisal. (2015). Analisis Tingkat Kepuasan Masyarakat dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kelurahan Labuan Kecamatan Wakorumba Utara Kabupaten Buton Utara.
L. D. Damayanti, S. K. (2019). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik berdasarkan indeks kepuasan masyarakat (IKM) Kantor Kecamatan Sawan Kabupaten Buleleng. 11 (1), 21-32.
Mita. (2019). Kepuasan Masyarakat Desa pada Pelayanan Administratif di Desa Bakalrejo Kecamatan Susukan Kabupaten Semarang.
Nura, I. d. (2020). Analisis Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Publik Berdasarkan Indeks Kepuasan Masyarakat di Kantor Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. 4 (2), 276-286.
Priyanto, D. (2009). 5 Jam Belajar Olah Data SPSS 17. 30.
Ramadhan, I. (2014). Indeks Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Publik di Kelurahan Bungur Jakarta Pusat.
Rohana. (2004). Pengaruh Segmentasi Pasar Geografis dan Promosi Terhadap Penjualan Pada PT alfa scorpii Adam Malik. 53-55.
Saputra, T. (2016). Kepuasan Masyarakat terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Kecamatan Tambang Kabupaten Kampar).
Sri Sukamti, H. U. (2015). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) PADA PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS KALICACING KOTA SALATIGA.
Sururi, A. (2019). MENGUKUR INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN PUBLIK PADA ORGANISASI SEKTOR PUBLIK KELURAHAN. Retrieved from https://journal.uny.ac.id/index.php/natapraja/article/view/24769/pdf
SUTRI SULISTIYOWATI, J. M. (2022). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS PENCATATAN SIPIL KOTA MANADO.
Suyoto, D. (n.d.). Teori, Kuesioner dan Analisis Data. 142.
Weni Indrawati, I. S. (2017). EFEKTIVITAS KINERJA APARATUR DESA DALAM PELAYANAN PUBLIK KEPADA MASYARAKAT DI DESA TANGGULANGIN. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JKD/article/view/13421
Yohani, D. F. (2014). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAVI TERHADAP HASIL BELAJAR PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR.
Zulfida Hariany, I. P. (2014). ANALISIS INDEKS KEPUASAN MASYARAKAT (IKM) TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI PUSKESMAS XXX.