Analisis Perbandingan Kepuasan Mahasiswa Administrasi Negara Universitas Tidar terhadap fasilitas dan pelayanan Gedung Potrobangsan dan Gedung Sidotopo

Authors

  • Hanifah Eka R. Universitas Tidar
  • Rizka Idfi Kusumaresti
  • Ibrahim Kholilulloh

DOI:

https://doi.org/10.56196/jta.v13i02.221

Keywords:

Satisfaction, FISIP, Potrobangsan, Sidotopo,

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui rasa kepuasaan dari mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar dalam pelaksanaan fasilitas yang ada di Gedung Lama (Potrobangsan) dan Gedung Baru (Sidotopo). Secara garis besar dan kasat mata fasilitas yang ada di gedung baru lebih lengkap, namun hal tersebut apakah mampu Fisipi memberikan pelayanan yang prima dan mahasiswa sebagai konsumen dapat merasakan puas akan pelayanan dan fasilitas yang disediakan. Data yang didapatkan dalam penelitian ini berasal dari pengamatan para peneliti dilapangan dan hasil wawancara pada Kepala Tata Usaha Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Sasaran penelitian ini kepada mahasiswa Fisip yang telah menggunakan dan merasakan pelayanan Gedung Lama dan Gedung Baru yaitu mahasiswa semester 3 keatas. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rasa kepuasaan mahasiswa akan pelayanan dan fasiilitas yang disediakan di gedung lama dan gedung baru lebih puas terhadap gedung baru. Walaupun terdapat beberapa keluhan lingkungan sekitar yang belum mendukung seperti tempat umum rumah makan yang terbilang masih sedikit di gedung baru dan mobilisasi aktivitasnya yang belum seramai di gedung lama..

References

Abdullah, Sukirno, Annisa, & dkk. (2013). . Analisis Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. . Jurnal Nominal. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, II(1).

Ana Hidayat, (2014), “Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Di Fakultas Farmasi Universitas X Yogyakarta”, Tesis, Jurusan Ilmu Farmasi Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada Yogyakarta

Arianto, N., & Muhammad, J. (2018). Pengaruh Fasilitas dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Hotel Dharmawangsa. Jurnal Semarak, 1(1), 108-115

Azwar, Ahmaad..(2018). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta

Daryanto & Ismanto Setyobudi. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Penerbit Gava Media

Diana Rahmawati, 2013, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Mahasiswa” Universitas Negeri Yogyakarta

Kotler, & Keller. (2012). Marketing Management. . Prentice Hall Newyork.

Kurbani, A. (2019). Pengaruh kualitas layanan akademik dan fasilitas pendidikan terhadap kepuasan mahasiswa kuliah pada universitas PGRI palembang. Jurnal Media Wahana Ekonomika, 13(4).

Muhson, Ali. "Teknik analisis kuantitatif." Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta (2006): 183-196.

Noornissa Sarah Ginanjar ,Dkk. 2020 “Kualitas Pelayanan dan Fasilitas terhadap Kepuasan Mahasiswa STIE PGRI Sukabumi”. STIE PGRI Sukabumi

Rahmawati, D. (2013). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi kepuasan mahasiswa. Jurnal Economia, 9(1), 52-65.

Rambat, L. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa (3rd ed.). Salemba, Jakarta.

Sunaengsih, C. (2016). Pengaruh media pembelajaran terhadap mutu pembelajaran pada sekolah dasar terakreditasi A. Mimbar sekolah dasar, 3(2), 183-190.

Tjiptono, Fandy. 2006. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi.

Zeithaml, V.A. Bitner, Mary J. Gremler, Dwayne D.(2003), Service Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm, International Edition, 3th Edition. New York : McGraw Hill Companies. Inc.

Published

2023-12-30

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.