Innovative Leadership for Innovation in Public Service

Authors

  • Harditya Bayu Kusuma Center for Public Service Innovation, NIPA, Indonesia

Keywords:

leadership innovative, innovation, public service innovation

Abstract

Bureaucracy reform is an effort in the implementation of the system of government and public services are geared to achieve the performance of a professional bureaucracy, responsive and accountable. Reform of the bureaucracy that has taken place in Indonesia has given birth to innovative leadership that succeeded in realizing innovative public services. This paper has the objective to to describe and analyze innovative leadership by several heads of regions that have succeeded in realizing innovative public services. Data collection method in this research done through the study of literature (desk research). This study decrypt and analyze innovative leadership as: Ridwan Kamil (Mayor of Bandung), I.B. Dharmawijaya Rai Mantra (Mayor of Denpasar) and Nurdin Abdullah (Regent of Bantaeng). Innovative leadership prerequisites for innovation in public services include: visionary and have the creativity, enthusiasm and self-confidence, goal orientation and service to the community, collaboration and networking with various parties, and the use of Information and Communication Technology.

Author Biography

Harditya Bayu Kusuma, Center for Public Service Innovation, NIPA, Indonesia

Junior Researcher at Center for Public Service Innovation, NIPA, Indonesia

References

Abdullah, Nurdin. 2016. Membangun Indonesia dari Daerah “Best Practice Otonomi Daerah di Kab. Bantaeng”. Disampaikan pada Seminar Nasional Memperingati 20 Tahun Otonomi Daerah dengan Tema “Memperkuat Otonomi Daerah: Membangun Indonesia dari Daerah”, oleh LAN RI, Jakarta, pada tanggal 19 April 2016.

Basuki, Johanes. 2013. Budaya Pelayanan Publik. Jakarta: Hartomo Media Pustaka.
Dwiyanto, Agus, dkk. 2012. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Holidin, Defny, dkk. 2016. Reformasi Birokrasi Dalam Transisi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Komarudin. 2014. Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Genesindo. Lembaga Administrasi Negara, 2014, Laporan Akhir Direktori Inovasi Administrasi Negara, Jakarta: LAN RI.

Kusuma, Harditya Bayu. 2016. Inovasi Pelayanan Publik: Praktik Penyelenggaraan Otonomi Daerah. Jurnal Analis Kebijakan Vol.1 No.1 Tahun 2016. Deputi Bidang Kajian Kebijakan LAN RI.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin Wijaya Laksana. 2016. Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Bandung: CV Pustaka Setia.

Mulyadi, Dedy, dkk. 2016. Administrasi Publik untuk Pelayanan Publik. Bandung: Alfabeta.

Ramdhani, Lany Erinda. 2015. Fenomena Kepemimpinan Fenomenal. Jurnal Borneo Administrator/Volume 11/No.3/2015

Rivai, Veithzal dan Deddy Mulyadi. 2012. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Silalahi, Ulber dan Wirman Syafri. 2015. Desentralisasi dan Demokrasi Pelayanan Publik Menuju Pelayanan Pemerintah Daerah Lebih Transparan, Partisipatif, Responsif dan Akuntabel. Sumedang: IPDN Press.

Utomo, Tri Widodo W. 2016. Peran Kepemimpinan dalam Inovasi Pelayanan Publik: Sebuah Aktualisasi Revolusi Mental. Disampaikan pada “Pelatihan Revolusi Mental Membangun Karakter Kepemimpinan yang Melayani Masyarakat’ diselenggarakan oleh Pusdiklat Teknis Fungsional LAN-RI, pada 30 September 2015.

Widiasih, Desak Nyoman. 2016. Manajemen dan Kebijakan Pelayanan Publik di Pemerintah Kota Denpasar. Bagian Organiasi Sekretariat Daerah Kota Denpasar.

Yukl, Gary. 2005. Kepemimpinan dalam Organisasi. Jakarta: PT Indeks Kelompok Gramedia.

Peraturan Perundang-undangan :
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

PermenPAN dan RB No. 30 Tahun 2014 tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik

Sumber lain :
Majalah Inagara Magz Vol. 1 No. 1 Edisi Juli 2016. Diterbitkan oleh Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN RI.

Majalah Inagara Magz Vol. 1 No. 2 Edisi Desember 2016. Diterbitkan oleh Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara LAN RI.

Internet:
http://binaswadaya.org/bs3/peraih-50-award-bupati-bantaeng-dengan-prestasi-mentereng/ Diakses pada tanggal 3 Maret 2017

http://bisnis.liputan6.com/read/ 2635673/ kemudahan-berbisnis-indonesia-naik-ke-peringkat-91 Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

https://id.jobsdb.com/id-id/articles/cara-menjadi-pemimpin-yang-inovatif Diakses pada tanggal 3 Maret 2017

http://kabar24.bisnis.com/read/20160823/ 79/577631/peringkat-inovasi-global-inilah-posisi-indonesia-dan-25-negara-paling-inovatif-2016-versi-wipo Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

http://kbr.id/terkini/09-2016/performa_ belum_memuaskan__indeks_kompetitif_global_indonesia_melorot/85448.html Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

http://kepemimpinanyanginovatif. blogspot. co.id/ Diakses pada tanggal 3 Maret 2017

https://m.tempo.co/read/news/2017/ 03/03/ 173852419/tempo-beri-penghargaan-10-kepala-daerah-teladan-2017 Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

http://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3366917/bupati-trenggalek-raih-penghargaan-regional-marketeers-award-2016 Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

http://news.okezone.com/read/2016 /08/ 12/525/1461861/apresiasi-inovasi-koran-sindo-beri-penghargaan-35-kepala-daerah Diakses pada tanggal 2 Maret 2017

http://profil-sukses.wirausahanews. com/ 20130226/609-ida-bagus-rai-dharmawijaya-mantra-walikota-denpasar-dengan-kreativitas-kita-bangun-monumen-maya.html Diakses pada tanggal 3 Maret 2017

http://thenewbantaeng.com/index. php/ 2017/ 01/12/10-terobosan-keren-nurdin-abdullah-di-bidang-pertanian/ Diakses pada tanggal 3 Maret 2017

Published

2017-07-10

Issue

Section

Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.